Minggu, 11 September 2011

Sistem pEngambilan KepuTusan part three

Dalam pekerjaan, semua level manajer membuat suatu keputusan (kebijakan), setiap level mempunyai type informasi spesifik yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan suatu masalah.
Type-tipe dari sistem informasi yang diperlukan untuk para manajer :
  1. Operational Information Systems
  2. Management Information Systems (MIS)
  3. Decision Support Systems (DSS)
  4. Executive Support Systems (ESS) atau Executive Information Systems (EIS)
  5. Expert systems
  6. Office information systems
1. Operational Information Systems
o Sistem Informasi yang merekam dan membantu dalam mengatur suatu aktivitas pekerjaan atau even
o Nama lainnya adalah Transaction Processing System (TPS)
o Digunakan oleh operational manager yang bertugas/bertanggung jawab dalam aktifitas sehari-hari diperusahaan
o TPS termasuk  koleksi data, information processing, validasi input, updating record, output generator
o Contoh: accounting information system seperti; penggajian, pemesanan, inventory (persediaan), general ledger
2. Management Information Systems (MIS)
o Menyediakan informasi kepada manager untuk dipergunakan dalam menyelesaikan masalah, pengontrolan dan pembuatan keputusan
o Digunakan oleh tactical manager
o Tidak hanya membuat operasi internal lebih efisien tapi juga mempunyai dampak  external, seperti  hubungan antara customer dan vendor lebih efisien dan saling menguntungkan.
o Digunakan disemua area aktifitas; planning, production, marketing & sales, accounting & finance, manufacturing, human resources dan project management
Contoh :
o Production: membuat produk
o Marketing & Sales: menangani iklan, promosi dan penjualan suatu produk
o Accounting & Finance: menjaga untuk tetap pada jalur dari semua aktivitas finansial, penggajian, pengeluaran cek dan pengeluaran budget.
o Human resources (personel): menyewa staff dan menangani cuti sakit, liburan, dana pensiun dan evaluasi kinerja personel
o Information services: menangani analisa sistem, rancangan dan pengembangan; penyediaan layanan pada pengguna
o Research and development: berhubungan dengan penelitian terhadap penyempurnaan dan produk baru; pengembangan-pengembangan dan test produk baru
3. Decision Support Systems (DSS)
o Decision support systems adalah sistem informasi interaktif yang membantu pengguna (user) dalam menyelesaikan masalah manajemen semistruktur maupun tidak terstruktur
o DSS berisikan himpunan dari program-program yang berkaitan dan data untuk membantu menganalisa dan pembuatan keputusan dalam organisasi
o Keterkaitan database dengan type-type dari keputusan yang dibuat, kemampuan untuk menyelesaikan masalah-masalah, pertanyaan-pertanyaan, dan  perangkat lunak permodelan
o Modeling software  yang lebih powerful adalah IFPS (Integrated Financial Planning Systems) dan perangkat lunak permodelan
o Contoh: spreadsheet
MASALAH
*   Masalah yang tidak terstruktur adalah masalah yang tidak jelas solusinya,  seperti misalnya; masalah yang tidak pernah berulang atau masalah yang tidak dapat diprediksi.
*   Masalah terstruktur adalah dapat diketahui penyelesaiannya dengan jelas dan pada umumnya terjadi berulang, sedang masalah semistruktur adalah antara  masalah terstruktur dengan masalah yang tidak terstruktur
Ada beberapa perbedaan antara MIS dan DSS
o   Pengguna MIS menerima laporan dan informasi dari sistem, sedangkan DSS pengguna berinteraksi langsung dengan sistem
o   Pengguna MIS tidak dapat secara langsung  meminta sistem untuk memberikan dukungan dalam hal keputusan yang spesifik, tetapi pengguna DSS dapat meminta hal tersebut
o   MIS membuat informasi berdasarkan pada masa yang lalu, sedangkan DSS menggunakan informasi dari masa lalu untuk membuat skenario yang digunakan pada masa depan
o   Aktivitas MIS adalah di-gunakan oleh middle management, sedangkan aktivitas DSS umumnya digunakan oleh top management
4. Executive Support Systems (ESS) atau Executive Information Systems (EIS)
o Executive biasanya sinonim dengan strategi atau top-level manajemen.
o Executivre mempunyai tanggung jawab untuk membuat rencana tujuan jangka panjang dan arah strategi organisasi untuk beberapa tahun kedepan.
o Untuk mendukung informasi spesial jenis ini  seperti; managerial planning, monitoring, dan analysis yang dibutuhkan oleh executive, maka Sistem seperti ini disebut dengan Executive support systems
5. Expert systems
o Sering disebut dengan knowledge based system; program aplikasi yang digunakan untuk membuat keputusan dan menyelesaikan masalah pada bidang-bidang tertentu/khusus.
o Menggunakan pengetahuan dan aturan-aturan untuk analisa yang telah didefinisikan oleh seorang pakar pada bidangnya
o Expert systems adalah bagian kunci (penting) dari kebanyakan Decission Support Systems dan Executive Support System
o Dua  komponen Expert systems: Knowledge Base dan Inference Engine
o Knowledge base berisikan pengetahuan tentang kemampuan manusia pada bidang tertentu (pakar)
o Inference Engine: perangkat lunak yang menggunakan dan menerapkan aturan-aturan dari knowledge base kedalam data yang akan dipergunakan oleh pengguna untuk mengambarkan suatu kesimpulan
6. Office information systems
* Dengan diterimanya teknologi komputer dan teleKomunikasi, seluruh konsep dari pekerjaan perkantoran dan bisnis menjadi ber-ubah (pada th 70-80). Teknologi komputer dan komunikasi membuat kemungkinan konsep Office Information Systems  (OISs)  terjadi
* OIS membantu pekerja menangani dalam hal penyiapan, penyimpanan, penerimaan, re-produksi  dan berkomunikasi mengenai informasi dengan dan diantara pe-bisnis.
* Contoh Word Processor
* Teknologi komputer telah mengubah cara menyimpan, mem-proses serta mendapatkan data pada pekerjaan dikantor
* Banyak dari komponen dari office information system adalah menitik-beratkan pada komunikasi informasi, termasuk e-mail, faximil, telepon dan pesan suara, elektronik teleconference dan telecommuting

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates