Senin, 05 September 2011

Entropy Part Two

Metode Entropy dapat digunakan untuk menentukan suatu bobot, Entropy menyelidiki keserasian dalam diskriminasi diantara sekumpulan data. Sekumpulan data nilai alternatif pada kreteria tertentu digambarkan dalam decision  Matrix(DM). Menggunakan metode entropi, kreteria  dengan variasi nilai tertinggi akan mendapatkan bobot tertinggi. Langkah-langkah yng digunakan dalam metode ini adalah sebagai berikut:
1.  Membuat  table data kreteria
Kreteria yang diidentifikasi bias berupa kreteria kualitatif maupun kuantitatif, namun semuanya harus bisa terukur. Satuan tiap kreteria boleh berbeda-beda
2. Normalisasi table data kreteria
Rumus normalisasi adalah sebagai berikut :

3. Perhitungan  Entropy
Langkah selanjutnya adalah pengukuran Entropy untuk setiap atribut ke-i. Rumusnya adalah :

Setelah mendapatkan e(di) untuk masing-masing atribut, maka dapat ditentukan total entropy untuk masing-masing atribut, rumusnya adalah

4. Perhitungan Bobot Entropy
Langkah berikutnya adalah menghitung bobot dengan menggunakan rumus sebagai berikut :



Setelah mendapatkan bobot Entropy untuk masing-masing kreteria jika sebelumnya telah ada bobot awal atau bobot yang telah ditentukan sebelumnya maka hasil bobot Entropy yang sebenarnya untuk tiap kreteria akan didapat dengan perhitungan berikutnya :

Metode Entropy cukup powerful untuk menghitung  bobot suatu criteria. Alasanya adalah karena metode ini bias digunakan untuk berbagai jenis data, baik kuantitatif maupun kualitatif. Selain itu metode ini juga tidak mensyaratkan bahwa satuan maupun range dari tiap kreteria harus sama. Hal ini  dimungkinkan karena sebelum diolah, semua data akan dinormalisas dulu sehingga akan bernilai antara 0-1. Pada dasarnya, data yang mempunyai range nilai yang besar (relative terhadap criteria itu sendiri)   dan mempunyai variasi nilai yang tinggi untuk tiap alternative, akan memperoleh bobot yang tinggi. Artinya, criteria tersebut dianggap mampu untuk membedakan perfomasi tiap alternative.
Selain itu dengan menggunakan metode entropy, peneliti bisa memberikan bobot yang tinggi, artinya kreteria tersebut  dianggap mampu untuk membedakan performansi tiap alternative.
Selain itu dengan menggunakan metode entropi, peneliti bisa memberikan bobot (tingkat kepentingan ) awal pada tiap kreteria.

http://cheezlovecheez.wordpress.com/2010/12/24/metode-entropy/ 

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates