Senin, 05 September 2011

Mestode Promethee

Prefarence Ranking Organization Methode For Enrichment Evaluation (PROMETHEE) adalah suatu metode penentuan urutan (prioritas) dalam analisa multikreteria[2,3]. Dalam metode ini informasi penting diberikan dari perbedaan dengan mengevaluasi suatu kreteria dan yang harus diperhatikan dalam menganalisa yaitu perbedaan terbesar, intensitas yang kuat dalam pilihan untuk suatu kreteria diatas yang lainnya. Langkah-langkah yang digunakan metode ini adalah sebagai  :
  1. Mengidentifikasi alternative
  2. Penjelasan dari kreteria, Alternatif (a) dievaluasi pada beberapa kreteria(k), yang harus dimaksimalkan atau diminimalkan
  3. Rekomendasi fungsi preferensi untuk keperluan aplikasi. Dalam PROMETHEE disajikan enam fungsi kreteria. Hal ini tentu saja tidak mutlak, tetapi bentuk ini cukup baik untuk beberapa kasus.
  4. Evaluasi matrik. Saat kreteria dan alternatif sudah terpilih, langkah selanjutnya adalah membuat matrik payoff. Table matrik ini untuk setiap pasangan kreteria-kreteria, ukuran kuantitatif dan kualitatif dari efek yang dihasilkan oleh alternatif berhubungan dengan kreteria tersebut. Suatu matrik  dapat terdiri dari data ukuran cardinal atau skala ordinal.
  5. Menentukan indeks preferensi multikreteria. Preferensi dinyatakatan dengan angka antara 0 dan 1, dan dinilai dengan prosedur tertentu
  6. PROMETHEE  ranking. Arah dalam grafik nilai outrangking ditentukan berdasarkan leaving flow dan entering flow. Leaving flow adalah jumlah nilai garis lengkung yang memiliki arah menjauh dari node a dan hal ini merupakan karakter pengukuran outrangking. Penjelesan dari hubungan outranking dibangun atas pertimbangan untuk aksi pada grafik nilai outranking, berupa urutan parsial(PROMETHEE) dan urutan lengkap(PROMETHEE) pada sejumlah aksi yang mungkin, yang dapat  diusulkan pada pembuat keputusan untuk memperkaya penyelesaian masalah karakteristik data.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates